Orientasi dan Penguatan bagi Tim Pendamping Keluarga (TPK) tentang Pelaksanaan Penggunaan Aplikasi Elsimil

Dilihat : 956 Kali, Updated: Selasa, 08 Agustus 2023
Orientasi dan Penguatan bagi Tim Pendamping Keluarga (TPK) tentang Pelaksanaan Penggunaan Aplikasi Elsimil

Acara sosialisasi ini diadakan oleh Tim BKKBN Kecamatan kepada Tim Pendamping Keluarga (TPK) dari 5 desa dan 2 kelurahan di Kecamatan Sumpiuh yakni Desa Lebeng, Salanegara, Bogangin, Banjarpanepen, Ketanda, Kelurahan Kebokura, dan Kradenan. Kegiatan ini diadakan di aula Kelurahan Kebokura pada hari Selasa (01/08/2023). Acara dibuka oleh Lurah Kebokura, Umi Sangadah, dilanjutkan dengan laporan data stunting masing-masing Desa dan Kelurahan.

Selanjutnya, Kader TPK diberikan pelatihan untuk input data ibu hamil dan bayi pada website ELSIMIL (elsimil.bkkbn.go.id). ELSIMIL adalah aplikasi Eleketronik Siap Nikah & Siap Hamil untuk menekan angka stunting yang ditujukan kepada calon pengantin. ELSIMIL memiliki beberapa manfaat untuk mendeteksi faktor resiko pada calon pengantin, menghubungkan calon pengantin dengan petugas pendamping, dan media edukasi tentang kesiapan menikah dan hamil terutama yang terkait dengan faktor risiko stunting.

Masing-masing kader TPK desa dan kelurahan diberi username dan password untuk login. Di dalam website tersebut berisi data kuesioner yang dimasukan pasangan calon pengantin. Edukasi aplikasi ELSIMIL yang didapatkan oleh Kader TPK selanjutnya akan diinformasikan kepada calon pengantin di masing-masing desa dan kelurahan.

Komentar