Penerimaan KKN Unsoed di Kelurahan Kebokura

Dilihat : 523 Kali, Updated: Jumat, 21 Juli 2023
Penerimaan KKN Unsoed di Kelurahan Kebokura

KKN atau Kuliah Kerja Nyata adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. KKN diadakan oleh perguruan tinggi negeri supaya mahasiswa belajar, mengabdi, mengajar dan berbaur dengan masyarakat. Universitas Jenderal Soedirman atau Unsoed adalah salah satu perguruan tinggi yang mewajibkan mahasiswanya untuk mengikuti KKN sebagai syarat kelulusan mahasiswa. KKN Unsoed diadakan 2 kali setiap tahunnya, periode pertama diadakan pada bulan Januari – Februari dan periode kedua diadakan pada bulan Juli – Agustus.

Pada periode kedua yang dimulai 6 Juli sampai dengan 9 Agustus 2023, beberapa lokasi KKN ditawarkan oleh LPPM Unsoed untuk dipilih mahasiswa sebagai lokasi tempat KKN mereka, seperti Kelurahan Kebokura yang ada di Kabupaten Banyumas. Mahasiswa KKN yang ditempatkan pada Kelurahan Kebokura berjumlah 12 mahasiswa yang terdiri dari 3 mahasiswa dan 9 mahasiswi.

Dalam melaksanakan KKN di Kelurahan Kebokura, mahasiswa KKN memiliki berbagai macam program kerja dari setiap bidang yang harus dikerjakan selama 35 hari. Bidang-bidang tersebut yaitu bidang ekonomi, lingkungan, kesehatan, pendidikan, dan pemerintahan desa. Pada bidang ekonomi, mereka berfokus untuk mendampingi UMKM yang ada di Kelurahan Kebokura. Kemudian bidang lingkungan berfokus untuk membantu masyarakat dalam intensifikasi pekarangan dengan budidaya tanaman dan pengomposan limbah rumah tangga (home decomposter), Lalu di bidang kesehatan berfokus untuk meningkatkan kesejahteraan kesehatan masyarakat. Bidang pendidikan berfokus dalam membantu meningkatkan pembelajaran yang optimal untuk anak – anak. Dan yang terakhir, bidang pemerintahan desa berfokus dalam membantu pelayanan kelurahan serta mengoptimalkan pengelolaan website kelurahan.


Daftar nama-nama kelompok KKN Unsoed di Kelurahan Kebokura diantaranya yaitu:

  1. Ridho Nur Wicaksono dari Jurusan Sosiologi (Kormades)
  2. Siti Nurcahyati dari Jurusan Hukum (Sekretaris)
  3. Reza Aulia Hadi dari Jurusan Kesehatan Masyrakat (Bendahara)
  4. Azka Thoriq Ash-Shiddiqi dari Jurusan Agribisnis (Bidang Ekonomi)
  5. Zaqia Rachma Dewi dari Jurusan Akutansi (Bidang Ekonomi)
  6. Devita Aulia Nestirani Murin dari Jurusan Agroteknologi (Bidang Lingkungan)
  7. Nafsha Atika Putri dari Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan (Bidang Lingkungan)
  8. Aqilah Arum Pramesti dari Jurusan Ilmu Gizi (Bidang Kesehatan)
  9. Suci Eka Nurrahma Anggreini dari Jurusan Kedokteran Umum (Bidang Kesehatan)
  10. Praya Ariffa Amirah dari Jurusan Sosiologi (Bidang Pendidikan)
  11. Wanda Dwi Lestari dari Jurusan Teknik Geologi (Bidang Pendidikan)
  12. Rafi Haidar Aribawa dari Jurusan Informatika (Bidang Pemerintahan Desa)

 

Semoga kehadiran kami bisa diterima baik oleh masyarakat dan dapat memberi dampak positif bagi masyarakat Kelurahan Kebokura.  

Komentar